SMA KRISTEN BINA KASIH

JL. LOMBOK NO.04 RT.19 Kebun Handil, Jambi

TERAKREDITASI A

Belum UN, 80 Persen Siswa SMA Bina Kasih Telah Diterima di PT

Kamis, 01 Nopember 2018 ~ Oleh Bina Kasih ~ Dilihat 2138 Kali

JAMBI - Meskipun pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA baru digelar 9 April mendatang, sejumlah siswa SMA Bina Kasih Kota Jambi telah diterima dibeberapa perguruan tinggi (PT) swasta ternama di Indonesia sebagai mahasiswa baru.

Para siswa SMA Bina Kasih ini, sebelumnya telah mendaftar dan mengikuti seleksi masuk di beberapa perguruan tinggi kenamaan yang ada di Indonesia.

Kepala SMA Bina Kasih, Hendry, menyebutkan siswa Kelas XII tahun ajaran 2017/2018 yang telah diterima di perguruan tinggi swasta di berbagai jurusan, jumlahnya 80 persen dari total yang akan menyelesaikan pendidikan di SMA.

"Pendaftarannya melalui seleksi dan penjaringan mahasiswa baru, dan ada juga beberapa kampus yang mendatangi sekolah," katanya, Minggu (1/4/2018).

Sebelumnya pihaknya juga memberikan kesempatan kepada kampus untuk mempromosikan diri di sekolah, sehingga siswa dapat mengetahui informasi kampus yang menjadi pilihannya nanti, baik dari segi kekurangan maupun keunggulan kampus tersebut.

"Bahkan waktu kegiatan Edu Fair beberapa waktu lalu, kita juga mengundang sejumlah kampus untuk datang ke sekolah," ujarnya.

Selain itu, sebagian siswa Kelas XII lainnya juga saat ini sudah ada yang mengikuti penjaringan dan menunggu penerimaan mahasiswa baru dari jalur SNMPTN, karena jadwalnya belum diumumkan calon mahasiswa baru yang diterima.

Dikatakannya, untuk jurusan, sekolah tidak membatasi. Bahkan Hendry memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada peserta didik untuk menentukan program jurusan yang diambil sesuai minat dan bakat yang dimiliki.

"Tentunya jurusan yang dipilih, ke depan peluang kerjanya harus lebih menjanjikan," tuturnya.

Ia menilai, kesempatan mendaftar ke perguruan tinggi harus lebih awal dilakukan, sehingga siswa nantinya tidak salah memilih kampus dan menentukan pilihan jurusan, karena terburu-  buru atau terdesak.

"Makanya sebelum UN, atau sejak Aguatus tahun lalu, siswa kita sudah menjelajahi perguruan tinggi mana yang akan dipilih," imbuhnya.

Ia berharap, siswanya yang melanjutkan ke perguruan tinggi tahun ini jumlahnya lebih banyak dari tahun sebelumnnya, meskipun ada juga yang harus menekuni dunia kerja karena terkendala biaya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

"Biasanya perbandingan 95 persen melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dan sisanya 5 persen berkerja," katanya lagi.

 

Sumber : MetroJambi.com

Berita Sekilas-info

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT